Join our forum and POST your own comic~!!

Fast Link :

Comic Castello Indonesia
Forum untuk sharing segala hal mengenai komik



Cek selalu Announcement Board untuk berita update mengenai forum.


FORUM SUDAH DIBUKA KEMBALI!
Selamat datang kembali bagi member lama, dan selamat datang bagi member baru!


Admin Contact:

TIMELINE RP

Month: Agustus
Week : Minggu ke III
Year : 2010
Season : SUMMER


AFFILIATES


    Tentang masuk FSRD-ITB

    Share

    Lenka
    Graphic Designer Class

    Capricorn Cat
    Age: 26
    Jumlah posting: 167

    Info Sheet
    Name: Setiawan Soedradjat (Seth)
    Age: 14
    Characteristic: Begajulan, SKSD, genit, manja sama cewek seperti ibunya

    Tentang masuk FSRD-ITB

    Post by Lenka on Wed Nov 11, 2009 7:31 pm

    Firstly, gw ga tau ini topik masuk section mana, jadi kalo ada adm/momod yang merasa ini ditaro di seksi yg salah, mohon dipindah

    Secondly, gw coba tanya disini kali2 ada anak FSRD ITB disini :3

    1. Gw berniat mengambil lagi S1 di FSRD-ITB setelah lulus dari S1 Manajemen, nah gw denger2 katanya batas maksimal apply itu 3 tahun setelah SPMB pertama yang diikutin. Jadi kalo kayak gw mau ngambil S1 lagi, itu udah ga bisa. Apa bener begitu?

    2. Kalo ternyata gw bisa, katanya FSRD ada tes tersendiri? Atau mengikuti UM seperti masuk jurusan biasa?

    3. Biayanya berapa utk Fine Art - Seni Lukis?

    4. Kalo ada yang punya saran lebih baik, misalnya sekolah ilustrator yang bagus atau selain ITB, boleh bagi2 informasi? ^^ Saya di jakarta selatan sih, tapi kalo di daerah Bandung jg masih bisa ^^

    Minokaro Ashell
    Manga Class

    Gemini Monkey
    Age: 22
    Jumlah posting: 371
    Lokasi: Bandung, Indonesia.


    Info Sheet
    Name: Freese
    Age: 14 years old
    Characteristic: Ceria, lincah, gesit, sporty dan murah senyum. Suka kebebasan dan 3 spesies bunga.

    Re: Tentang masuk FSRD-ITB

    Post by Minokaro Ashell on Mon Nov 16, 2009 5:37 pm

    Kemaren ini saya baru aja ikut try out ITB di Villa Merah Bandung ^ ^ Abis try out-nya selesai, ada sesi Tips & Tricks Tembus ITB, tapi saya ga ikut, langsung pulang lantaran mo masuk Unpar "^ ^a

    Maaf saya ga bisa jawab semua pertanyaan anda karena saya masih kelas 12 Sad Tapi untuk no. 4, ada ITHB (Institut Teknologi Harapan Bandung atau apa pun kepanjangannya). Masih terbilang baru di Bandung, tapi saya denger jurusan Design-nya cukup bagus. Temen saya malah udah keterima PMDK-nya ^ ^

    VanXallsburG
    Headmaster

    Jumlah posting: 3101
    Lokasi: here...


    Info Sheet
    Name: Georghe Henriques Allsburg
    Age: 38 y.o.
    Characteristic: Terlihat berwibawa dari luar, benci rice cooker, sering berada di mana pun dan kapan pun, jika marah akan sangat mengerikan, protektif pada orang yang dianggapnya memang perlu dilindungi, tukang main *plak*

    Re: Tentang masuk FSRD-ITB

    Post by VanXallsburG on Mon Nov 16, 2009 6:00 pm

    jawab yg bisa dijawab..

    1. Nggak kok. kalau kuliah kan ngga ada batasannya. banyak orang yang rumah tangga dulu baru masuk kuliah s1, masih pada bisa.. tapi kalau kamu udah s1 di manajemen kenapa ngga s2 aja di dkv/art?

    2. menjawab pertanyaan no.1 juga.. fsrd ujiannya terpisah dengan cara masuk fak yg lain.. dengan kata lain ada tes-nya tersendiri.. makanya bisa menerima walaupun sudah lama sekali ikut spmb..

    3. biaya pendaftaran ujian atau biaya masuk? biaya untuk jalur biasa atau jalur khusus?

    4. selain ITB.. ada juga ITHB dekat dengan unpad.. saya sarankan, JANGAN masuk dkv unikom! metode mengajar yg diberikan sangat salah (saya anak situ dan ngerasain.. T^T).. yang saya sarankan, sebaiknya STISI (di soekarno hatta/depan carefour).. metode pengajaran di sana bagus dan dosen BISA sangat dipercaya..

    err.. tambahan.. sebaiknya kamu cukup siap kalau mau masuk ITB.. 70% orang yg diterima adalah yg melalui jalan tikus.. <--- infonya saya dapat dari temen...

    Ryumaki Haruya
    Professor

    Libra Goat
    Age: 23
    Jumlah posting: 1383
    Lokasi: real fake world


    Info Sheet
    Name: Louisse Rin Lissette
    Age: 35 y.o
    Characteristic: jago masak, sayang suami dan anak, ga peka, girlish n sedikit manja

    Re: Tentang masuk FSRD-ITB

    Post by Ryumaki Haruya on Mon Nov 16, 2009 6:25 pm

    saya coba jawab yak..^^ punya temen yg baru masuk FSRD kemaren, jadi punya info lah..~

    1. karena FSRD itu bukan lewat jalur SNMPTN, jadi ga ada batasan juga, asal sekolah yg lama dah kelar. maklum itb ga menerima orang yg doble sekolahnya.

    2.FSRD emang tesnya khusus. hanya jalur USM. biaya untuk USM tahun ini alias yg kemaren:
    - USM pertama min.55juta
    - USM kedua min. 25juta
    tapi klo FSRD denger2 ga dipungut biaya alias gratis. tapi temen saya tetep bayar yg 25jt ga tau kenapa..

    3. err.. biaya apa maksudnya? pendaftaran ITB yg kemaren formulirnya doank 850 rb. biaya USM seperti yg udah saya jelaskan diatas..^^

    4. untuk univ. laen klo mau arsitek sih mending UNPAR aja, soalnya lagi naik daun tuh.. klo itb itu enaknya bisa langsung kerja, cz dah banyak perusahaan yg menanti. klo memang maunya FSRD yah silakan coba ITB aja..^^ klo mau tembus mudah silakan ikut bimbel Vila Merah (temen saya juga ikut itu dan hasilnya lolos Very Happy)

    so... selamat mencoba..^^ good luck..~

    n.b. ITB USM pertama antara bulan maret-april, USM kedua antara mei-juni


    ----------------------------------------------------------------------------------------
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 H
    Minal aidin wal faidzin
    Mohon maaf lahir dan batin Smile

    ekyu
    Clown

    Cancer Tiger
    Age: 16
    Jumlah posting: 407
    Lokasi: kasur - komputer - meja tracing


    Info Sheet
    Name:
    Age:
    Characteristic:

    Re: Tentang masuk FSRD-ITB

    Post by ekyu on Mon Nov 16, 2009 6:32 pm

    VanXallsburG wrote:yang saya sarankan, sebaiknya STISI (di soekarno hatta/depan carefour).. metode pengajaran di sana bagus dan dosen BISA sangat dipercaya..
    heee....monyet2 ekyu (ega + oni) alumni STISI... tapi sayang sih, skarang dosen2 STISI yang bagus2 udah pada ngga ngajar lagi disana... (malahan sempet temen qta yang jadi dosen disana...ngajar... asa lucu....! XD )
    kalo dari angkatan 2003-keatas kayanya udah laen sama pengajaran-dosen2-neraka yang ngajar monyet2 ekyu; orang dari angkatan 2000 aja pengajarannya udah simpel n kurang disiplin/mendidik banget tuhh... tapi kalo soal tempatnya mah udah bagus katanya (ada lapangan basket, dll....jaman monyet2 ekyu kuli mah cuma ada lapangan-tanah-becek yang dipake lari2 si Item -anjing maskot anak seni Murni kesayangan si Ega-), yah dari luar mah kayanya ngga ada yang berubah banyak selama 10 taun...

    tapi bukan bermaksud ngejelek2in, sih... kayanya yang sekarang udah ganti kebijakan lagi (berharap aja)....
    yahh, kan uang masuknya/kuliahnya mahal bangets masa sih pengajarannya ngga naek2 dari jaman monyet2 dulu...??
    (kalo ternyata malah makin turun kualitasnya, ngga tau dahhh) ....hehehe, paling ngga tu komputer2 yang ada di ruang komputer mesti bisa dipake gitu, masa dulu mah cuma bisa buat belajar-menyala/matikan-komputer??! (<=itu salah satu dosen-neraka fave monyet2 yang bilang...mana kepala jurusan lagi, si Bapa-neraka tehhh.... Very Happy Very Happy Very Happy )

    eh, kalo ada yang skarang kuli di STISI, monyet2 minta update-an, donks?? (hiii...ni OOT ga, 'min Van?)

    VanXallsburG
    Headmaster

    Jumlah posting: 3101
    Lokasi: here...


    Info Sheet
    Name: Georghe Henriques Allsburg
    Age: 38 y.o.
    Characteristic: Terlihat berwibawa dari luar, benci rice cooker, sering berada di mana pun dan kapan pun, jika marah akan sangat mengerikan, protektif pada orang yang dianggapnya memang perlu dilindungi, tukang main *plak*

    Re: Tentang masuk FSRD-ITB

    Post by VanXallsburG on Mon Nov 16, 2009 6:33 pm

    @Ryu: bo'ong! saya ikut vilmer tapi ga keterima lantaran kurang duit~ *yaiyalah~dikeplak*
    STISI aja len.. ITB yg oke tuh FMIPA-nya bukan FSRD......

    ryu.. yg 55/25jt tuh biaya masuk.. bukan USM-nya......
    55jt tuh untuk jalur tikus..

    ^ STISI sekarang bagus kok~ denger dari temen yg kuliah disana..
    dari paparan dia, metodenya udah pas.. ga terburu2 kayak unikom.. *swt*
    kadang saya nyesel banget masuk unikom~~

    Ryumaki Haruya
    Professor

    Libra Goat
    Age: 23
    Jumlah posting: 1383
    Lokasi: real fake world


    Info Sheet
    Name: Louisse Rin Lissette
    Age: 35 y.o
    Characteristic: jago masak, sayang suami dan anak, ga peka, girlish n sedikit manja

    Re: Tentang masuk FSRD-ITB

    Post by Ryumaki Haruya on Mon Nov 16, 2009 6:42 pm

    ' 'a

    iyah.. yg 55jt itu biaya klo dah keterima.. anggeur weh harus bayar ai keterima n diambil mah... *aksen sundanya keluar lagi +_+*
    bukan jalur tikus cinta...~ emang segitu biaya nya klo keterima.. USM mah emang banyak di duit doank..~ tapi peluang masuknya lebih gede daripada SNMPTN.

    temen saya yg vilmer keterima tuh..~ ah..~ tapi emang dia pinter sih akademiknya juga.. Very Happy lagian dah tukang juara aja tuh anak klo ada lomba2 gambar atau seni lukis.. tapi temen saya juga nyumbangnya pas-pasan kok yg 25 jt.. ah.. itu mah untung2an aja kali yah..?? ~.~

    STISI? temen saya ada yg masuk STISI DKV, tapi ga betah katanya? walopun dia ngelepas UPI-nya demi masuk sana, tapi katanya agak ga enak.. ga tau tah kenapa dia ga betahnya...

    hmm.. Maranatha ga berminat? lumayan koq..~ cuman arsitek yah ga ada dkv nya? ' 'a


    ----------------------------------------------------------------------------------------
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 H
    Minal aidin wal faidzin
    Mohon maaf lahir dan batin Smile

    VanXallsburG
    Headmaster

    Jumlah posting: 3101
    Lokasi: here...


    Info Sheet
    Name: Georghe Henriques Allsburg
    Age: 38 y.o.
    Characteristic: Terlihat berwibawa dari luar, benci rice cooker, sering berada di mana pun dan kapan pun, jika marah akan sangat mengerikan, protektif pada orang yang dianggapnya memang perlu dilindungi, tukang main *plak*

    Re: Tentang masuk FSRD-ITB

    Post by VanXallsburG on Mon Nov 16, 2009 6:57 pm

    aih~ sekarang udah naik lagi??? *swt*
    kacau.. makin mahal aja ITB.. waktu tahun saya masih 5 jtan lho..
    hahahaa~~ berapa taun yg lalu ya.. lupa..

    ga betah di stisi? aih bukan ga betah di stisi tapi di dkv-nya kali.. dkv itu kan berat banget..
    walaupun bagi sebagian orang dkv keliatan santai tapi.. aujubileh tugasnyaa...
    satu tugas aja bisa abis ratusan ribu.. *swt*
    apalagi buat TA ntar... kebanyakan orang pada abis sampe jutaan..
    makanya.. kayaknya saya bakalan lebih di skripsi aja ketimbang TA deh.. >_>

    Ryumaki Haruya
    Professor

    Libra Goat
    Age: 23
    Jumlah posting: 1383
    Lokasi: real fake world


    Info Sheet
    Name: Louisse Rin Lissette
    Age: 35 y.o
    Characteristic: jago masak, sayang suami dan anak, ga peka, girlish n sedikit manja

    Re: Tentang masuk FSRD-ITB

    Post by Ryumaki Haruya on Mon Nov 16, 2009 7:01 pm

    yah saya kan tadinya minat masuk FSRD.... sampe mau ikut vilmer tapi ga jadi.. Very Happy
    lagian kan saya baru lulus taun ini, jadi tau semua perkembangan univ.2 bagus kyk gitu..~
    hohoho..~

    yah... tapi kata saya mah coba dulu ITB lah..~ baru cari yg laen..^^ klo di jakarta ga tau yg bagus sih... hanya menguasai daerah bandung dan sekitarnya (baca: jatinangor)
    hahaha...~


    ----------------------------------------------------------------------------------------
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 H
    Minal aidin wal faidzin
    Mohon maaf lahir dan batin Smile

    VanXallsburG
    Headmaster

    Jumlah posting: 3101
    Lokasi: here...


    Info Sheet
    Name: Georghe Henriques Allsburg
    Age: 38 y.o.
    Characteristic: Terlihat berwibawa dari luar, benci rice cooker, sering berada di mana pun dan kapan pun, jika marah akan sangat mengerikan, protektif pada orang yang dianggapnya memang perlu dilindungi, tukang main *plak*

    Re: Tentang masuk FSRD-ITB

    Post by VanXallsburG on Mon Nov 16, 2009 7:08 pm

    iya sih.. mending coba itb dulu.. tapi.. aih~ saya ga berani bilang kalau fsrd itb tuh bagus.. karena yg saya tau itb naik namanya karena fmipa-nya..

    ^aa.. bener juga.. kamu baru lulus taun ini ya ryu.... *ngelirik umur*

    Ryumaki Haruya
    Professor

    Libra Goat
    Age: 23
    Jumlah posting: 1383
    Lokasi: real fake world


    Info Sheet
    Name: Louisse Rin Lissette
    Age: 35 y.o
    Characteristic: jago masak, sayang suami dan anak, ga peka, girlish n sedikit manja

    Re: Tentang masuk FSRD-ITB

    Post by Ryumaki Haruya on Mon Nov 16, 2009 7:14 pm

    bukan karena fmipa sekarang mah..~ justru turun drastis fmipanya... malahan SITH yg paling bawah urutannya naik 1 tingkat di ataa FMIPA...
    masih gondok gara2 ga keterima di SITH TTwTT*
    paling bagus ITB mah STEI atuh! sama FTI nya..~

    dkv nya emang agak kurang, tapi seni rupa sama arsiteknya lumayan kok! Very Happy


    ----------------------------------------------------------------------------------------
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 H
    Minal aidin wal faidzin
    Mohon maaf lahir dan batin Smile

    VanXallsburG
    Headmaster

    Jumlah posting: 3101
    Lokasi: here...


    Info Sheet
    Name: Georghe Henriques Allsburg
    Age: 38 y.o.
    Characteristic: Terlihat berwibawa dari luar, benci rice cooker, sering berada di mana pun dan kapan pun, jika marah akan sangat mengerikan, protektif pada orang yang dianggapnya memang perlu dilindungi, tukang main *plak*

    Re: Tentang masuk FSRD-ITB

    Post by VanXallsburG on Mon Nov 16, 2009 7:16 pm

    aih~ kacau ah.....

    pokoke jangan masuk unikom len! nyesel nanti..
    wong si len kagak ngomong soal unikom kok

    Lenka
    Graphic Designer Class

    Capricorn Cat
    Age: 26
    Jumlah posting: 167

    Info Sheet
    Name: Setiawan Soedradjat (Seth)
    Age: 14
    Characteristic: Begajulan, SKSD, genit, manja sama cewek seperti ibunya

    Re: Tentang masuk FSRD-ITB

    Post by Lenka on Tue Nov 17, 2009 2:57 am

    iyey gw bingung /plak

    intinya bisa, tapi butuh duit sangat banyak gile, gw kuliah empat tahun aja cuma abis 18 juta, tambah blablabla jadi 20-22 juta lah O_O mengerikan biayanya...

    s2 yang gw baca di web itu intinya ke penelitian katanya...dan emoh dkv, maunya fa.

    ah, nanya lagi, itu tes di fsrd itb katanya khusus/sendiri? mencakup tes soal2 sma gitu jg nggak (math, lite, blabla)?

    VanXallsburG
    Headmaster

    Jumlah posting: 3101
    Lokasi: here...


    Info Sheet
    Name: Georghe Henriques Allsburg
    Age: 38 y.o.
    Characteristic: Terlihat berwibawa dari luar, benci rice cooker, sering berada di mana pun dan kapan pun, jika marah akan sangat mengerikan, protektif pada orang yang dianggapnya memang perlu dilindungi, tukang main *plak*

    Re: Tentang masuk FSRD-ITB

    Post by VanXallsburG on Tue Nov 17, 2009 12:35 pm

    err.. khusus ato sendiri?? maksudnya? fsrd tes-nya terpisah,, ga kayak spmb..

    iyee bu.. menyangkut soal2 sma.. tergantung asalnya kamu dari jurusan apa..
    IPA/IPS/bahasa.. math setiap jurusan beda soalnya..

    kalo fsrd ditambah lagi.. dengan ujian gambar, fotografi.. yaa~ pokoke yg bersangkutan dengan desain/seni aje......

    ada info lebih lagi soal ITB.. kalo kamu emang masih minat~
    Khusus fsrd lho~
    pilihan SDPA-nya:
    1.Lebih besar dari Rp. 55.000.000,- (Lima puluh lima juta rupiah)
    2.Rp. 55.000.000,- (Lima puluh lima juta rupiah)
    3.Rp. 25.000.000,- (Dua puluh lima juta rupiah)
    4.Rp. 15.000.000,- (Lima belas juta rupiah)
    5.Rp. 10.000.000,- (Sepuluh juta juta rupiah)
    6.Rp. 5.000.000,- (Lima juta rupiah)
    7.Tidak bersedia membayar SDPA (SDPA nol rupiah)

    soal BPP-nya:
    1.BPPP, Rp. 3.000.000,- per semester
    2.BPPT, Rp. 200.000,- s.d. Rp. 1.000.000,- per semester, tergantung prestasi akademik dan kemampuan ekonomi mahasiswa yang bersangkutan.
    3. Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB
    Biaya pendaftaran mahasiswa baru, diperkirakan sebesar Rp. 700.000,- dan dibayarkan sekali saja pada saat pendaftaran.

    program magister:
    1. Biaya Pendaftaran Rp. 200.000,-
    2. Biaya Tes Wawancara Rp. 200.000,-
    3. Biaya TPA Rp. 200.000,-
    4. Biaya Kuliah / Sks Rp. 350.000,-/sks
    5. Biaya Tetap tiap Semester Rp. 2.500.000,-/semester
    masa studi-nya 4 semester.. paling panjang yaa~ sekitaran 6 semester..

    noh.. program doktor kalo emang mao~
    1. Biaya Pendaftaran Rp. 200.000,-
    2. Biaya Tes Wawancara Rp. 200.000,-
    3. Biaya TPA Rp. 200.000,-
    4. Biaya Kuliah / Sks Rp. 350.000,-/sks
    5. Biaya Tetap tiap Semester Rp. 3.500.000,-/semester
    masa studi-nya 6 semester.. bisa diperpanjang sampe 10~ mau lebih lagi?? di DO~

    nah~ tijumpalitek gue kalo kudu bayar segini~~ >_>

    kamu kan di jakarta len.. kenapa kagak ngambil ikj??
    bukannya di sana bagus?

    ekyu
    Clown

    Cancer Tiger
    Age: 16
    Jumlah posting: 407
    Lokasi: kasur - komputer - meja tracing


    Info Sheet
    Name:
    Age:
    Characteristic:

    Re: Tentang masuk FSRD-ITB

    Post by ekyu on Tue Nov 17, 2009 2:06 pm

    eh...OOT dikit..

    kalo di STISI aliran manga kaga boleh... ^^; -padahal BUKAN buat tugas, masa kerja sampingan jadi komikus freelance aja NGGA BOLEH ALIRAN MANGA...?!! apa hubungannya ama urusan kuli, coba...?? 9"9#

    (ega yang masih dendam karena DIPANGGIL KE RUANG DOSEN & DICERAMAHIN SELAMA 3 JAM sama dosen seni lukis cuma gara2 ketauan bawa gambar komik sendiri yang baru di fotocopy....cuma karena tempat fotocopy deket kampus mayan lebih murah dikit...) >"<

    ..........tapi ga tau ya kalo skarang.... (coba aja kalo masih pada muna kaya dulu....?!)

      Current date/time is Sat Oct 25, 2014 6:49 am